install chaletos
Install ChaletOS mudah seperti kebanyakan distribusi ubuntu yang lain. ChaletOS sendiri adalah sistem operasi berbasis ubuntu dan menggunakan desktop environment xfce yang dikembangkan oleh Dejan Petrović.
Seluruh tampilan ChaletOS sendiri sudah dimodifikasi sehingga tampilannya mirip dengan sistem operasi windows. ChaletOS sangat cocok digunakan bagi kamu yang baru bermigrasi ke sistem operasi GNU/Linux atau menginginkan tampilan yang hampir mirip sistem operasi windows.
ChaletOS ringan karena berbasis xfce juga elegan dengan semua fitur-fitur tambahan dan iconnya. Desain yang elegan dan ringan ini memberikan kesan user friendly bagi kamu yang baru bermigrasi ke GNU/Linux.

Persiapan Install ChaletOS 16.04

ChaletOS adalah sistem operasi yang menggunakan desktop environment xfce sehingga ringan, berikut adalah spesifikasi minimal yang dapat dipasangkan sistem operasi ChaletOS :
  • Prosesor : 1 Ghz
  • RAM : 512 MB (768 MB disarankan)
  • Ruang Penyimpanan : 8 GB
  • Resolusi Layar: 1024×768
Sebelum melakukan instalasi, ada baiknya menyiapakan beberapa hal yang dibutuhkan. Yang harus dipersiapkan antara lain :
  • File ISO ChaletOS.
  • Media Bootable seperti DVD ataupun USB Flashdrive.
  • Komputer atau Laptop dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
  • Melakukan Backup terhadap data yang dianggap penting.
untuk mengunduh file iso ChaletOS, kamu dapat mengunduh dihalaman web resmi ChaletOS.

Pra instalasi

Fitur yang bermanfaat pada sistem operasi GNU/Linux adalah fitur live cd, dengan fitur ini kamu dapat melihat-lihat tampilan sistem operasi yang akan diinstall. Untuk memilih live cd, pilih live ChaletOS, jika ingin menginstall langsung ChaletOS, pilih install ChaletOS Directly.
pemilihan livecd

Instalasi ChaletOS

Tahap pertama, kamu harus mementukan bahasa apa yang akan dipakai pada saat menginstall sistem, pada dasarnya bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris.
pemilihan bahasa
Tahap kedua, kamu akan disuguhkan pilihan apakah akan menginstall perangkat lunak tambahan atau tidak, jika memang tidak ada koneksi internet tidak dilakukan juga tidak masalah.
Catatan : Disarankan tidak melakukan instalasi perangkat lunak tambahan, apabila ditengah proses instalasi koneksi internet terputus akan menimbulkan masalah. Install perangkat lunak tambahan sesudah melakukan instalasi sistem saja.
persiapan instalasi
Tahap ketiga adalah memilih tipe instalasi, disarankan dibantu dengan yang sudah berpengalaman. Ada banyak tipe instalasi. biasanya menggunakan pilihan something elseuntuk melakukan dual booting.
tipe instalasi
Tahap keempat adalah pembuatan partisi, tahap ini adalah tahap yang riskan pada semua jenis instalasi sistem operasi, disarankan didampingi orang yang berpengalaman.
Pada sistem operasi GNU/Linux, disarankan membuat 3 partisi yang berbeda yaitu partisi sistem, partisi data, dan partisi swap. untuk memahami ketiga partisi ini. baca juga artikel berikut :
Jika sudah yakin pilih install now.
partisi
Tahap kelima adalah memilih lokasi kamu berada.
lokasi
Tahap keenam adalah menentukan jenis keyboard yang dipakai, sebaiknya diabaikan saja dan menggunakan standar jenis keyboard english (US).
keyboard
Tahap ketujuh adalah mengisi informasi tentang user, isikan nama pengguna dan juga password. Untuk password sendiri jangan dikosongkan, hal ini nantinya akan diperlukan pada saat penginstalan aplikasi atau update sistem yang membutuhkan hak akses dan dimintai password.
membuat username
Terakhir adalah menunggu proses instalasi berjalan sambil menikmati tampilan splash screeninstalasi. jika sudah restart komputer dan nikmati sistem operasi ChaletOS.
splash screen

Tangkapan Layer

screenshot0screenshot1screenshot2screenshot3screenshot4screenshot5screenshot6