Acer Aspire One D270 Hidup Beberapa Detik Kemudian Mati


D270 Saya menerima laptop Acer Aspire one D270 yang menurut usernya masalahnya adalah mati total. Tapi saat saya menghidupkannya, laptop ini bisa hidup 1-2 detik dan kemudian mati lagi. Kalau dalam kondisi dan gejala seperti ini biasanya semua tegangan kerja normal adanya. Kalaupun bermasalah, terletak pada tegangan vcore atau bahkan control device yaitu chipset intel CG82NM10.
Untuk memastikannya, laptop saya buka dan mengeluarkan motherboadnya. Titik ukur saya adalah terletak pada vcore yaitu pada beberapa kapasitor yang terletak dibawah processor. Saat tombol power (swicht on) di pencet, sempat ada tegangan 0,xx V sebelum kemudian mati kembali. Kondisi chipset intel CG82NM10 sangat panas menyengat (over heat). Chipset ini merupakan single chip yang merupakan gabungan antara SouthBridge dan VGA. Jadi memang wajar jika chipset ini melakukan beban kerja yang sangat banyak.
Seperti biasa, prosedur awal adalah dengan melakukan flashing bios untuk motherboard ini yang bisa didownload disini. Karena biasanya, hanya karena masalah bios corrupt atau filenya rusak saja, bisa sampai berakibat laptop bisa mati total.
Setelah itu laptop saya test kembali dengan menggunakan catudaya dari PSU 19V, hasilnya laptop masih saja dalam kondisi yang sama.
D270
Gambar 1 : flash bios menggunakan EZP2000
Karena kondisi tetap saja sama,  kemudian saya memutuskan untuk mengganti chipset CG82NM10 tadi dengan yang benar-benar baru. Sebelum proses pelepasan, saya mengolesi chipset CG82NM10 tadi dengan flux dengan tujuan agar waktu pelepasan bisa berjalan lebih cepat sebelum sampai batas panas yang diizinkan untuk chipset jenis ini.
D270AGambar 2 : Proses penggantian
Setelah proses penggantian chipset telah selesai saya lakukan. Setelah menunggu motherboard kembali dingin, heatsing dan fan kembali saya pasang dan bersiap untuk melakukan pengujian lagi. Pengujian saya lakukan dengan menggunakan monitor external.
D270B Gambar 3 : pengecekan dengan monitor eksternal
Dari hasil pengujian, laptop sudah bisa hidup dengan sempurna. Pengujian lanjutan adalah dengan merakit kembali laptop dan menjalankan aplikasi operating systemnya.

Milik : http://dedysusanto.net

Related Posts:

0 Response to "Acer Aspire One D270 Hidup Beberapa Detik Kemudian Mati"

Post a Comment