Acer Aspire 4736G Selalu Hang Dan Mati Saat Masuk Windows


nectokin
Apakah anda pernah mendapatkan kasus seperti ini? Ya, ini adalah masalah klasik dari Acer Aspire 4736z  atau laptop type lainnya yang menggunakan Supercapasitor atau Nectokin dibawah processornya.  Kasusnya adalah, saat dihidupkan, ketika sampai di logo windows laptop langsung tiba-tiba hang atau bahkan mati.  Ini terjadi karena tegangan processor VCore tidak stabil ketika mendapatkan beban lebih.  
Seperti biasa, laptop saya lepaskan dari beban listrik seperti adaptor dan baterai. Keyboard dibuka perlahan, casingpun demikian, sehingga motherboard bisa dikeluarkan.
Asumsi awal, kerusakan berada pada super capasitor atau lebih mudahnya biasanya disebut merknya saja yaitu NECTOKIN.
Saya tidak sependapat jika penggantian nectokin ini adalah untuk menambah tegangan vcore karena bukan itu fungsi dari kapasitor, tapi saya memiliki persepsi bahwa penggantian nectokin ini maksudnya adalah untuk menghilangkan riak-riak atau tegangan yang tidak stabil. Kalau dalam istilah kendaraan bisa disebut dengan “kopling”. :D
Bagi seorang teknisi, kasus keberadaan Nectokin sebagai komponen yang rentan bocor ini merupakan sebuah berkah tentunya karena dengan melakukan modifikasi ringan, kerusakan sudah bisa diatasi.
nectokin
Saya melakukan pengujian dititik ini dengan menghidupkan motherboard dengan monitor external dalam posisi harddisk terpasang. Saat hidupkan tegangan disini mencapai 1,1V dan ini normal. Tetapi saat memasuki windows dimana seharusnya beban bertambah tapi tegangan malahan drop menjadi 0 dan laptoppun mati kembali.
Karena Nectokin ini pada dasarnya adalah kapasitor biasa, maka saya akan melakukan modifikasi saja menggunakan kapasitor tantalum 330uF 2,5V sebanyak 2pcs dan 470uF sebanyak 2 pcs sehingga jika dijumlahkan totalnya menjadi 1600uF. Tapi saran saya kalau bisa diganti saja dengan Nectokin yang sama juga.
4736G
Setelah itu kembali saya lakukan pengujian tegangan dititik yang sama, dan hasilnya tegangan bisa stabil di 1,02V s.d 1.1V secara konstan, baik ketika memasuki windows atau saat menjalankan aplikasi lainnya.
4736gg
Semoga bermanfaat, Salam sukses untuk kita semua …

Milik : dedysusanto

Related Posts:

0 Response to "Acer Aspire 4736G Selalu Hang Dan Mati Saat Masuk Windows"

Post a Comment