Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Seperti yang kita ketahui bahwa seiring dengan berkembangnya zaman, maka proses instal ulang sistem operasi juga terus berkembang. Salah satunya adalah dengan melakukan instal ulang menggunakan media USB seperti flashdisk. Sebelumnya proses instal ulang ini menggunakan media CD/DVD. Salah satu kelemahan menggunakan CD/DVD ini adalah proses pada saat penginstalan membutuhkan waktu yang lama.

Dengan menggunakan flashdisk sebagai media penginstalan, maka proses instal ulang sistem operasi akan lebih cepat dan tentunya lebih maksimal. Menggunakan media flashdisk juga sangat sederhana, kita bisa sewaktu-waktu untuk menghapus file sistem operasi didalam flashdisk tersebut.Lain halnya dengan menggunakan CD/DVD, apabila file sistem operasi telah kita burning kedalam CD/DVD maka tidak bisa dihapus lagi, kecuali kita menggunakan CD/DVD-RW.

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Kembali ketopik pembahasan mengenai pembuatan USB bootable flashdisk, kita akan membutuhkan sebuah software. Ada banyak sekali software pendukung yang bisa digunakan, dan biasanya kami menggunakan aplikasi Rufus. Aplikasi ini sangat ringan dan simple dalam penggunaannya, bahkan ukuran filenya saja tidak sampai 1MB. Untuk mendapatkan software Rufus ini, kamu bisa mendownloadnya atau bisa memintanya kepada teman yang punya.

Download Rufus dari situs resminya: Download

Rufus dapat digunakan pada saat:

  • Kita ingin membuat bootable USB untuk instalasi sistem operasi Windows atau Linux.
  • Bekerja pada komputer yang tidak memiliki sistem operasi.
  • Melakukan upgrade firmware atau BIOS dari DOS.
  • Menjalankan aplikasi low-level seperti proses low-level format.

Rufus bersifat portable dan dapat dijalankan langsung tanpa harus di instal pada komputer. Rufus mendukung pembuatan bootable ISO untuk beberapa sistem operasi antara lain Arch Linux, Archbang, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, Knoppix, Kubuntu, NT Password Registry Editor, OpenSUSE, Slackware, Tails, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows 7, Windows 8 Developer Preview, Windows Vista, dan sistem operasi lain.


Langkah-Langkah Membuat USB Bootable Flashdisk

1. Persiapkan sebuah flashdisk. Untuk kapasitas flashdisk menyesuaikan dengan ukuran file sistem operasi yang akan diinstal. Minimal menggunakan flashdisk ukuran 4GB.

2. Persiapkan master sistem operasi (windows 7, windows 8.1, windows 10, linux, ubuntu, dll.)

3. Buka aplikasi Rufus yang telah didownload. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :
Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Pastikan bahwa muncul teks seperti yang ditunjuk oleh icon tangan di atas. Itu menandakan bahwa flashdisk telah dicolokkan ke USB dan telah terbaca pada komputer atau laptop.

4. Selanjutnya klik icon disk atau seperti yang ditunjuk pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

5. Selanjutnya carilah file ISO sistem operasi yang akan dibuat bootablenya. Disini kami mencontohkan dengan menggunakan windows 10. Klik file ISO windows 10, selanjutnya tombol Open,
Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

6. Proses copying file ISO sedang berlangsung dan biasanya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, tetapi tergantung ukuran file sistem operasinya. Tunggu proses ini hingga benar-benar selesai.
Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

7. Proses pembuatan USB bootable flashdisk telah selesai. Kamu dapat mengklik tombol start untuk memulai proses penginstalan.
Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Flashdisk telah siap digunakan untuk melakukan instal ulang sistem operasi. Selanjutnya kamu tinggal merestart komputer atau laptop.

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat USB Bootable Flashdisk"

Post a Comment