Cara Hapus Data di Komputer Secara Permanen Tanpa Bisa di Recovery

Menghapus data di komputer adalah kegiatan hal biasa dan lumrah dalam dunia perkomputeran. Mungkin bagi sabagian orang untuk menghapus data pada windows cukup dengan perintah delete, tetapi bagi sebagian orang lagi yang ingin menghapus data (data rahasia misalnya) agar tidak bisa direcovery lagi tidak cukup dengan perintah delete saja. Perintah delete pada windows hanya memindahkan data ke folder khusus yang dikenal dengan recycle bin. Bahkan walau pun data pada recycle bin dihapus maka data tersebut masih ada pada hardisk dan tentu saja masih bisa di recovery kembali.

Nah, bagaimana cara hapus data di komputer secara permanen tanpa bisa direcovery? Ada banyak cara untuk melakukanya, tetapi disini saya hanya membahas dengan menggunakan aplikasi Eraser. sebenarnya masih banyak aplikasi sejenis seperti CCleaner, Darik’s Boot And Nuke (DBAN), File Shredder, dan lain sebagainya.

Berikut pembahasanya:
  1. Download aplikasi di situs resminya atau langsung disini.
  2. Install aplikasi.
  3. Pilih data yang mau dihapus, Klik kanan pada mouse, klik eraser dan pilih erase. Atau juga dengan Drag and Drop data ke aplikasi Erase-nya.
  4. Setelah itu ada sebuah pesan konfirmasi “Are yousure you want to erase the selected items?”. Klik Yes.
  5. Proses hapus data sedang berlangsung.
Aplikasi Eraser (v 6.2) mempunyai 13 metode default untuk file, dan 12 metode untuk hapus drive. Disini saya menggunakan metode “US DoD 5220.22-M (8-306./E) (3 passes). Metode ini menghapus data secara permanen dangan tiga kali proses passes atau multiple rewrite. Untuk metode paling aman adalah metode Gutmann (35 passes) dengan 35 kali multiple rewrite atau passes.
Dari hasil uji coba saya menghapus data dengan Eraser, data sudah terhapus secara permanen sehingga tidak bisa di recovery lagi. (saya menggunakan Recuva dan EaseUS Data Recovery untuk aplikasi recovery datanya).

Related Posts:

0 Response to "Cara Hapus Data di Komputer Secara Permanen Tanpa Bisa di Recovery"

Post a Comment