Mengenal Kode IC pada LCD/LED TV&Monitor

Dalam sebuah Motherboard/Mainboard LCD/LED TV&Monitor, bahkan juga pada Notebook/Laptop dan perangkat lainnya, anda pasti pernah menemui beberapa kode IC yang terkadang membingungkan, apakah IC tersebut termasuk kategori IC Regulator, Mosfet, Power atau fungsi lainnya, kemudian berapa tegangan kerja input/output dan lain sebagainya.
Cara termudah memang kita harus mecari tahu datasheet dari Komponen IC tersebut. Pertanyaannya kemudian, saat kondisi tidak mendukung untuk browsing datasheet di internet, bagaimana solusinya?
Nah,rekan rekan praktisi teknik, berikut ini saya share beberapa kode IC yang umum dipergunakan pada beberapa Merk LCD/LED TV&Monitor, setidaknya jika anda bertemu dengan kode IC tersebut, anda bisa memperkirakan tegangan input/output dilihat dari kode IC tersebut, sehingga dapat memudahkan anda dalam proses trouble shooting.
Berikut kode IC yang biasa terdapat pada Motherboard/Mainboard LCD/LED TV&Monitor beserta karakter tegangan kerjanya :
AIC1084-33 = Voltage Regulator Output 3.3 volts (input 5 v)
KA278R33 = Voltage Regulator Output 3.3 volts (input 5 v)
RT9164-25CG= Voltage Regulator Output 2.5 volts
LM2596 = Voltage Regulator Output 5 volts (input 12 v)
AMC2576-5 = Voltage Regulator Output 5 volts (input 12 v)
78M05 = Voltage Regulator Output 5 volts
78M12 = Voltage Regulator Output 5 volts
APL5522KCTR= Dual Output Voltage Regulator (pin1 =3.3v, pin 4=2.5v) Input Voltage 5 volts.
TDA7053A = Audio Amplifier IC
TDA8227p = Audio Amplifier IC97
TDA7496 = Audio Amplifier IC
Selain kode-kode IC tersebut diatas, masih banyak kode IC yang biasa dipergunakan dalam Mainboard LCD/LED TV&Monitor, sekali lagi anda bisa browsing di internet untuk mengetahui datasheet dari komponen IC yang anda butuhkan, atau bisa juga dengan memahami jalur PCB (Trace/Lacak jalur) lalu kemudian dipetakan tegangan kerja pada area IC tersebut.

Related Posts:

0 Response to "Mengenal Kode IC pada LCD/LED TV&Monitor"

Post a Comment