Cara Mengatasi Memory MicroSD Tidak Dapat Di Format

MicroSD punya peranan yang sangat penting bagi sebuah ponsel. Saking pentingnya hampir semua file-file yang kita punya kita simpan di memori microSD.
Tapi, apa yang terjadi jika memori microSD tersebut rusak, tidak bisa di tambah data dan tidak dapat di format? Mungkin ada beberapa hal yang membuat memori microSD rusak seperti berikut ini:
  • terkena virus
  • efek gangguan magnet
  • salah ketika mencabut memori
  • terkena kotoran atau minyak
  • meleleh terkena panas
Mungkin contoh di atas yang menyebabkan kartu microSD anda rusak dan salah satu jalan adalah beli yang baru.Tapi lain cerita jika memori microSD masih bisa terbaca dan tidak bisa di format yang ini biasanya di akibatkan oleh virus, anda boleh lega karena masih ada harapan untuk di perbaiki.
saya baru menemui masalah di atas hari ini 😦 ketika saya memasang di komputer via card reader bisa terbaca file-filenya masih lengkap tetapi ketika file nya di hapus dia datang lagi lagi dan lagi (sampe cape ngapusnya) akhirnya saya mencoba memformat via komputer masih tidak bisa juga. Saya coba cari tau cara memperbaikinya kemudian mencoba cara tadi dan akhirnya memori microSD bisa di perbaiki dan di pakai kembali.
Untuk mengikuti panduan cara mengatasi microSD tidak dapat di format harus memakai komputer atau PC karena akan lebih mudah dan persentasi keberhasilanya 75% dari pada memformat langsung lewat hp. Tidak hanya itu jika ada virus juga bisa langsung di bersihkan sampai ke akar-akarnya.
Penyelesaiannya yaitu dengan menggunakan command prompt atau biasa disebut sebagai “CMD”. Melalui program ini, anda bisa melakukan control terhadap sistem di komputer anda. Untuk menghilangkan write protected, anda perlu mengikuti langkah :
1. Buka CMD (Run as Administrator)
2. Ketik “diskpart”
1
3. Maka akan tampil diskpart.exe. Kemudian ketik “list disk”
2
4. Ketik “select disk X” ( maksud X di samping adalah nomor microSD anda yang terdapat pada list disk, biasanya ukurannya yang sesuai dengan ukuran kartu memory anda).
3
contoh select disk 1 karena microSD saya ada di Disk 1.
5. ketik “attributes disk clear readonly”
4
6. ketik “clean”
5
7. “create partition primary”
6
8. ketik “format fs=fat32” (format FAT32 bisa anda ganti dengan NTFS).
9. Selesai dan keluar dari CMD atau tulis “exit”

Related Posts:

1 Response to "Cara Mengatasi Memory MicroSD Tidak Dapat Di Format"

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
    cobain open source project rancangan ane mas bro >

    IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    #SalamSatuTeknologi

    ReplyDelete